Kawah Ijen Tutup Akhir April dan Awal Mei 2024

Jakarta – Kawah Ijen, sebuah keajaiban alam di dataran tinggi Jawa Timur, sudah menjadi kekuatan tarik bagi para petualang dan pencinta alam selama bertahun-tahun. Tetapi, pada 28 hingga 30 April 2024, Kawah Ijen akan ditutup untuk sementara waktu.

Keputusan ini didasarkan pada slot server singapore surat edaran dari Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur nomor SE.748/K2/BIDTEK.1/KSA/04/2024 pada 18 April 2024. Penutupan dilaksanakan sebagai bagian dari evaluasi kesibukan kunjungan tamasya alam selama libur Lebaran 2024. Kecuali itu, penutupan tersebut juga bertujuan untuk melakukan pemulihan ekosistem Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, terutamanya sepanjang jalanan pendakian.

Dengan meningkatnya jumlah pengunjung selama masa tamasya, tekanan terhadap lingkungan alam Kawah Ijen juga meningkat. Pemulihan ekosistem menjadi amat penting untuk menentukan keberlanjutan lingkungan dan kelestarian alam.

Kecuali itu, penutupan Kawah Ijen juga dilaksanakan pada 3 Mei 2024, hal itu dikarenakan agenda rutin bulanan yang disebut Ijen Rijik. Kegiatan, yang dihelat setiap hari Jumat minggu pertama https://plantarefacil.com/ setiap bulannya, adalah bagian dari upaya untuk membersihkan kawasan tersebut. Diawali sejak 1 Maret 2019, Ijen Rijik adalah upaya kolaboratif antara pemerintah, masyarakat setempat, dan para pengunjung untuk menjaga kebersihan dan kelestarian Kawah Ijen.

Penutupan sementara ini mungkin mengecewakan sebagian pendaki gunung yang berencana mengunjungi Kawah Ijen, melainkan langkah ini amat penting untuk menjaga keberlangsungan lingkungan alam dan kelestarian kawasan tersebut. Selama jangka waktu penutupan, diharapkan langkah-langkah pemulihan yang pas bisa dilaksanakan untuk menentukan bahwa Kawah Ijen tetap menjadi daerah yang menawan dan lestari bagi generasi akan datang.