Raja Ampat, Deretan Destinasi Tamasya Papua yang Hits 2024, Dari Danau Sentani sampai Puncak Tertinggi di Oceania

Pulau Papua, di komponen timur Indonesia, menunjukkan pesona alamnya yang mengagumkan dan keanekaragaman kebiasaannya yang memikat.

Estetika alam Pulau Papua, komponen timur Indonesia, tidak terbantahkan. Salah satu wilayah yang memikat di sana ialah Taman Nasional Lorentz, sebuah perpaduan luar biasa antara kekayaan alam dan keunikan kultur.

A. Taman Nasional Lorentz: Permata Papua

Taman Nasional Lorentz, yang terletak di Provinsi Papua, Indonesia, ialah taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Diberi nama sesudah penjelajah Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz, taman ini bukan cuma penjaga alam tapi juga situs slot gacor hari ini destinasi liburan unggulan di Papua.

Dengan luas lebih dari 25.000 kilometer persegi, taman ini melibatkan beragam ekosistem mulai dari pegunungan es sampai hutan hujan tropis, serta pantai dan lautan yang mengagumkan.

B. Puncak Jaya: Puncak Tertinggi di Oceania

Salah satu daya tarik utama ialah Puncak Jaya, puncak tertinggi di Oceania yang dikenal dengan salju abadinya. Pendakian ke Puncak Jaya memberikan pengalaman menantang dan pemandangan yang mengagumkan dari puncaknya.

Taman ini juga menjadi rumah bagi spesies unik seperti burung Cendrawasih, kanguru pohon, dan flora endemik yang menjadikannya daerah yang tidak dapat diacuhkan.

Destinasi Tamasya Lain di Pulau Papua

Kecuali Taman Nasional Lorentz, Papua mempunyai sejumlah destinasi liburan yang menarik.

1. Danau Sentani: Lukisan Alam yang Hidup

Danau Sentani, terletak di Kabupaten Jayapura, ialah danau terbesar di Papua dengan pemandangan yang fantastis.

Dengan luas 9.360 hektare, danau ini bukan cuma menawan tapi juga menjadi sumber air untuk 14 sungai besar dan kecil. Estetika danau ini diperkaya dengan 22 pulau kecil yang menambah pesonanya.

2. Pantai Base-G: Lukisan Pantai yang Menghipnotis

Pantai Base-G di Kota Jayapura ialah surga bagi pencinta pantai. Deburan ombak yang merdu, pasir bersih, dan pemandangan yang menakjubkan menjadikannya daerah yang mesti dikunjungi di Papua.

3. Taman Nasional Wasur: Petualangan Fauna dan Flora

Taman Nasional Wasur di Kabupaten Merauke menyampaikan Anda pada kekayaan fauna dan flora Papua. Dengan hutan sabana terluas di Indonesia, taman ini menjadi rumah bagi fauna migran dan menawarkan petualangan yang tidak terlupakan.

4. Jurang Baliem: Jejak Kekayaan Kebiasaan Papua

Jurang Baliem, yang terletak 27 km dari Kota Wamena, menyampaikan Anda pada kehidupan suku asli Papua. Udara teduh, rumah tradisional, dan festival kultur membikin lembah ini mesti dikunjungi untuk lebih memahami kebudayaan Papua.

5. Air Terjun Wafsarak: Surga Tersembunyi

Air Terjun Wafsarak di Biak Utara ialah destinasi tersembunyi di Papua. Dengan pemandangan asri, bunyi deras air terjun, dan air kolam yang jernih, daerah ini menawarkan ketenangan dan estetika alam yang tidak tertandingi.