Rekomendasi Tempat Wisata Keren di Kota Tanjungpinang

Kota Tanjungpinang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan (Kepri). Kota ini terdapat di Pulau Bintan dan lebih dari satu pulau kecil seperti Pulau Dompak dan Pulau Penyengat.
Selain menjadi pusat pemerintahan, Kota Tanjungpinang itu sendiri punyai berbagai sejarah kebudayaan dan tempat wisata yang wajib dikunjungi.
Selain sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri, dulunya Kota Tanjungpinang ini pernah menjadi Ibu Kota Provinsi Riau sebelum akan dipindahkan ke Kota Pekanbaru.
Kota Tanjungpinang punyai destinasi wisata yang beragam, jadi berasal dari wisata sejarah hingga wisata kuliner yang menggugah selera.
Berikut lebih dari satu petunjuk tempat wisata yang wajib dikunjungi disaat berada di Tanjungpinang.
1. Pulau Penyengat
Pulau Penyengat atau Pulau Penyengat Inderasakti merupakan sebuah pulau kecil tidak jauh berasal dari Kota Tanjung Pinang. Pulau penyengat ini punyai nilai sejarah lumayan tinggi.
Pulau penyengat berukuran panjang 2.000 mtr. dan lebar 850 meter. Pulau ini bisa ditempuh berasal dari Kota Tanjung Pinang memakai perahu kecil bermotor atau pompon. Waktu yang dibutuhkan cuma sekitar 15 menit.
Saat hingga di Pulau Penyengat terdapat mahjong ways bisa berkunjung ke berbagai peninggalan bersejarah seperti Masjid Raya Sultan Riau, Istana Engku Bilik, Balai Adat Melayu, makam-makam para Raja berasal dari Kerajaan Johor-Riau-Lingga.
Kemudian tersedia terhitung makam berasal dari pahlawan nasional di bidang bhs yakni Raja Ali Haji, Gedung Tabib, kompleks Istana, kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi. Selain itu di Pulau Penyengat terhitung bisa nikmati berbagai kuliner yang dijual penduduk sekitar.
2. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva atau biasa disebut bersama dengan Vihara 1.000 Patung atau Vihara 1.000 Wajah.
Vihara ini dibangun sejak 2008 dan baru diresmikan pada Februari 2017 lalu. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva terdapat di Jalan Asia Afrika KM 14, Tanjungpinang.
Vihara ini menjadi tempat persembahyangan umat Buddha sekaligus tujuan wisata religi di Kota Tanjungpinang. Pengunjung tempat berikut tidak cuma penduduk beragama Budha namun dikunjungi berbagai lapisan penduduk gara-gara keunikan dan punyai spot foto yang lumayan bagus.
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva tergolong sebagai keliru satu vihara terbesar se-Asia Tenggara. Pemahat patung-patung di vihara ini merupakan seniman asli berasal dari Tiongkok. Tampilan luar begitu megah bersama dengan gapura batu beraksen Tiongkok. Di bagian depan, berdiri kokoh sebuah patung berukuran raksasa.
Tembok di belakangnya dibikin menyerupai benteng. Di atasnya, terdapat pagoda yang terhitung beraksen Tiongkok. Meski namanya “Vihara Patung Seribu”, namun, kuantitas patungnya memang tidak genap seribu, namun jumlahnya memang banyak.
Vihara ini diakses setiap hari kecuali hari Rabu gara-gara digunakan untuk sembahyang. Dibuka jadi pukul 09.00 WIB hingga bersama dengan 16.00 WIB Pengunjung yang masuk tidak dipungut ongkos tak hanya ongkos parkir.
3. Tugu Gonggong Legenda
Tugu Gonggong Legenda merupakan Salah satu bangunan ikonik di Kota Tanjungpinang. Bentuknya yang lumayan unik diambil alih berasal dari keliru satu biota laut yang kerap dikonsumsi dan menjadi keliru satu makanan khas kepulauan Riau.
Gedung Gonggong Legenda sendiri berada di Jalan Hang Tuah, Kota Tanjungpinang atau tepatnya berada di kawasan Laman Boenda, pinggir laut Kota Tanjungpinang.
Selain Gonggong di kawasan berikut terdapat Tugu Daun Sirih Emas. Lokasi berikut biasanya jadi ramai dikunjungi warga sekitar pada sore hari. Selain itu tak jauh berasal dari wilayah berikut terhitung terdapat banyak pusat kuliner.
Dari Gedung Gonggong terhitung kita bisa memandang pulau penyengat agar menambah pemandangan di wilayah tersebut.
4. Trans Studio Garden Tanjungpinang
Trans Studio Garden (TSG) Tanjungpinang merupakan tempat wisata baru yang menyuguhkan berbagai wahana permainan.
TSG merupakan taman hiburan yang berada di belakang Hotel Aston Tanjungpinang. Wahana rekreasi seluas 1,7 hektar ini dilengkapi bersama dengan berbagai sarana permainan yang sesuai dinikmati berbagai kalangan usia.
Saat singgah ke TSG, pengunjung bisa nikmati permainan seperti game center yang terdiri berasal dari 73 mesin game. Lalu tersedia terhitung sarana outbond yang di dalamnya terdapat flying fox, net climbing, net bridge, sky climbing, tire bridge, hanging bridge, dan bamboo balance.
Pada TSG terdapat wahana seru lainnya seperti ferris wheel, happy swing, minitrain, driving school, sky rider, poison tower, dan sepeda air. Selain itu, tersedia pula wahana Jurassic Adventure, di mana kamu bisa nikmati petualangan bersama dengan dinosaurus.
Hal menarik lainnya berasal dari TSG adalah ada berbagai taman yang sesuai dinikmati sambil bersantai. Taman-taman ini menyuguhkan pemandangan bunga dan tanaman cantik. Suasananya tambah asri bersama dengan Kedatangan air terjun di sana.
Trans Studio Garden sendiri formal diakses pada November 2021 lalu. Untuk masuk ke TSG bisa bersama dengan membeli tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk hari biasa dan Rp 25.000 untuk akhir pekan.
Untuk jam operasional sendiri hari biasanya buka jadi pukul 13.00-21.00 WIB. Sabtu pukul 10.00- 22.00 WIB dan Minggu buka jadi pukul 10.00-21.00 WIB.