Tempat Liburan Pegunungan Terbaik di Jawa Tengah untuk Liburan Nataru

Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah semakin dekat. Masyarakat dapat memanfaatkan waktu tamasya ini dengan mengunjungi daerah tamasya pegunungan terbaik di Jawa Tengah. Perlu dikenal pula mengenai lokasi, rute, energi tarik, dan fasilitasnya.
Jawa Tengah sendiri mempunyai banyak gunung, baik yang aktif maupun tak, di antaranya adalah Gunung Lawu, Slamet, Sumbing, Sindoro, Ungaran, dan Merbabu. Tempat-daerah di kaki gunung ini pun sering menjadi opsi masyarakat untuk berlibur.

Udara yang adem dan panorama menawan menghijau sesuai untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan sejenak muatan kehidupan dikala tamasya tiba. Berikut detikJateng rangkumkan dari situs Disporapar Provinsi Jawa Tengah mengenai 5 daerah tamasya pegunungan terbaik di Jawa Tengah.

Tempat Liburan Pegunungan Terbaik di Jawa Tengah untuk Nataru

1. Selo, Boyolali
Selo adalah nama salah satu kecamatan di Kabupaten Boyolali yang diapit oleh dua gunung sekalian, adalah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Bahkan daerah ini menjadi spot pendakian Gunung Merbabu. Ketinggiannya berada di atas 1000 mdpl.

Selo berjarak sekitar 47 km ke barat dari Kota Solo atau mencapai waktu sekitar 1 jam 20 menit dengan sepeda motor. Dari Balaikota Surakarta wisatawan dapat menuju Jalan Sultan Syahrir ke Jalan R.M. Said.

Setelah itu, ambil Jalan Semarang-Solo ke Jalan spaceman Blabak-Boyolali. Jika berkendara dengan kendaraan beroda empat, wisatawan dapat via tol Salatiga-Kertosono atau tol Semarang-Solo.

Energi tarik utama dari tamasya pegunungan tentu adalah panorama yang menawan dan udaranya yang adem. Sebagian objek tamasya yang dapat pengunjung pilih antara lain adalah Embung Manajar, Bukit Sanjaya, Merapi Garden, Desa Samiran, dan masih banyak lagi.

Opsi fasilitas di tiap-tiap objek tamasya pun rata-rata telah komplit, mulai dari daerah makan, kamar mandi, mushola, spot outdoor untuk melihat view menawan, hingga daerah penginapan.

2. Dieng, Wonosobo
Jika Selo, Boyolali berlokasi di antara 2 gunung, karenanya Dieng lebih banyak lagi. Gunung dan bukit yang menghimpit kawasan ini antara lain adalah Gunung Sumbing, Sindoro, Prau, Bukit Pakuwaja dan Sikunir.

Kawasan ini menjadi desa tertinggi di Pulau Jawa karena berada di ketinggian 2000 mdpl. Liburan yang ditawarkan antara lain adalah tamasya vulkanik seperti Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, Kawah Sibanteng, Telaga Warna, Telaga Dringo, dan masih banyak lagi.

Terdapat pula opsi tamasya sejarah dan alam dengan adanya Candi Arjuna, Museum Kailasa, Patean Tambi, Batu Angkruk, dan Sumur Jalatunda. Perlu mencapai jarak sekitar 139 km atau hampir 4 jam perjalanan dari Kota Solo untuk menuju ke Dieng.

Ambil jalur yang sama seperti ke Selo, lalu lanjutkan menuju Jalan Magelang-Salatiga. Lalu, ambil Jalan Grabag-Kopeng dan lanjutkan ke Jalan Raya Magelang-Semarang. Teruskan ke Jalan Ngadirejo dan Jalan Tambi hingga hingga di lokasi tamasya yang diinginkan.

Karena telah menjadi destinasi tamasya semenjak lama, karenanya fasilitas yang tersedia di objek tamasya maupun sekitarnya telah komplit sehingga wisatawan tak perlu khawatir.

3. Tawangmangu, Karanganyar
Tawangmangu adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Karanganyar yang berlokasi di kaki Gunung Lawu. Tempat ini pun telah menjadi tujuan tamasya alam primadona bagi daerah-daerah sekitarnya.

Dari Kota Solo, cuma perlu mencapai sekitar satu jam perjalanan menuju arah timur atau sekitar 38 km. Pelancong cuma perlu meniru jalan raya Palur-Karanganyar, Karanganyar-Matesih, dan Matesih-Tawangmangu yang adalah jalan utama.

Banyak tamasya alam yang ditawarkan di Tawangmangu, di antaranya adalah Air Terjun Jumog, Air Terjun Grojogan Sewu, Kebun Teh Kemuning, Bumi Perkemahan Sekipan dan Pleseran, dan masih banyak lagi. Liburan sejarah pun ada dengan adanya Candi Sukuh dan Candi Cetho.

Fasilitas wisatanya telah komplit dan hingga kini masih banyak objek tamasya dan penunjang tamasya yang terus dibangun dan direvitalisasi.

4. Baturaden, Banyumas
Baturaden berlokasi di lereng selatan Gunung Slamet, tepatnya di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Baturaden berjarak 7,5 km dari Kota Purwokerto ke arah utara.

Jika ada wisatawan dari Solo yang ingin ke Baturaden, karenanya semestinya mencapai 6 jam perjalanan atau sekitar 230 km.

Sebagian tamasya alam dengan fasilitas komplit yang terdapat di sini adalah Curug Telu, Bukit Bintang, The Village, Curug Jenggala, Lokawisata Baturaden, Kebun Raya, Taman Miniatur Dunia, dan masih banyak lagi.