Tumpeng Menoreh Jogja: Jam Buka, Harga Tiket, dan Tenaga Tariknya

Di Kulon Progo, Yogyakarta ada objek wisata yang familiar dengan suguhan view alamnya yang mengagumkan, merupakan Tumpeng Menoreh. Tempat ini menawarkan panorama perbukitan Menoreh yang hijau nan asri dari ketinggian 900 mdpl.
Dinamakan Tumpeng Menoreh karena bangunannya menyerupai tumpeng jikalau diperhatikan dari jauh. Di sisi lain, tumpeng diibaratkan sebagai ekspresi rasa syukur. Sebab hadirnya wisata ini disebut berdampak slot demo mahjong ways 2 terhadap kehidupan ekonomi warga setempat, diinfokan laman legal Kabupaten Magelang.

Mulanya, Tumpeng Menoreh dikonsepkan menjadi sebuah cafe yang menyatu dengan alam. Lambat laun, tempat ini dilengkapi vila dan glamping untuk pengunjung yang berminat bermalam di sana.

Tumpeng Menoreh diprakarsai oleh Erix Soekamti, vokalis band Endank Soekamti. Tempat wisata ini malah dikelola dengan melibatkan masyarakat sekitar.

Penasaran dengan destinasi wisata ini? Simak informasi seputar Tumpeng Menoreh Jogja di bawah ini.

Ada Apa Saja di Tumpeng Menoreh?
Tumpeng Menoreh sudah menjadi destinasi wisata yang menarik perhatian banyak orang. Melainkan, di sana ada apa saja sih?

1. Resto dan Resto
Tumpeng Menoreh menawarkan tempat makan berupa cafe dan cafe. Di sana, kau dapat menemukan Tumpeng Ayu dan Tumpeng Coffee.

Di coffee shop-nya tersedia beragam minuman kopi freshly brewed dan makanan ringan. Sekiranya berharap menyantap makanan berat dapat coba di restorannya. Tersedia menu prasmanan, paket grill, serta hidangan dan camilan seperti nasi goreng, bakmi, pisang goreng, juga french fries.

Aneka minuman di sini juga dapat dicicipi, seperti wedang rempah, teh lemon, susu naga, coklat aren, dan perkopian.

2. Penginapan
Di sini ada penginapan yang dapat disewa, merupakan vila dan glamping. Untuk vila ada beragam ragam kamarnya dengan range harga sewa Rp 1,1-5 juta per malam. Sudah termasuk beragam fasilitas seperti infinity pool, sarapan, dan tiket masuk Tumpeng Menoreh.

Harga sewa glamping sekitar Rp 500 ribu-1,5 juta per tenda per malamnya. Fasilitas yang dapat diakses berbeda-beda tergantung ragam glamping-nya.

Untuk glamping tidak keok baiknya. Penginapan ini berada di tengah hutan perbukitan dan kau dapat berenang di kolam pantai buatannya yang ikonik.

3. Kereta Gantung
Tumpeng Menoreh juga menawarkan wahana kereta gantung yang dapat dicoba. Kamu dapat mengendarai wahana ini sendiri dan menjelajah hutan dengan jalur sepanjang 1 kilometer.

Kereta gantung personal elektrik ini jadi yang pertama di Indonesia lho. Tentunya wahana ini aman dan sudah dilengkapi helm, strap on, juga HT untuk berkomunikasi. Sekiranya berharap jajal wahana ini, kau dapat merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu per orang sekali naiknya.

4. Titik Foto
Tak usah diragukan lagi karena di tiap sudut Tumpeng Menoreh dapat dijadikan spot foto. Lebih-lebih, view perbukitan Menoreh dari ketinggian 900 mdpl yang ciamik seharusnya banget jadi latar foto Instagramable.

Jam Buka dan Harga Tiket Tumpeng Menoreh
Tumpeng Menoreh Jogja buka 24 jam nonstop tiap harinya. Untuk masuk ke sini dikenakan tiket masuk seharga Rp 50 ribu per orang, sudah termasuk voucher makan minum Rp 15 ribu yang dapat ditukarkan di kafenya.

Lokasi dan Rute Menuju Tumpeng Menoreh
Tumpeng Menoreh beralamatkan di Sumbersari, Ngargoretno, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Tempat Istimewa Yogyakarta (DIY).

Mengutip akun Instagram resminya, rute menuju Tumpeng Menoreh direkomendasikan lewat Jogja, Kulon Progo, atau Purworejo (Banyuasin).

Dari Kota Jogja dapat ambil Jalan Godean lalu Jalan Raya Banjararum ke arah Kabupaten Sleman. Melalui Jembatan Kreo dan hingga di Perempatan Pasar Dekso. Kemudian ambil Jalan Samigaluh untuk menjelang Kabupaten Kulon Progo. Di Pasar Plono dapat ambil arah Kebun Teh Nglinggo dan hingga deh di Tumpeng Menoreh.

Kendaraan motor, mobil pribadi, dan minibus dapat parkir di area Tumpeng Menoreh. Sementara kendaraan medium atau bus besar hanya dapat parkir di area Pasar Plono dan melanjutkan perjalanan dengan shuttle car yang disediakan warga.