Ulasan Wisata Danau Sentani Papua Rute Harga dan Karcis hingga Tipsnya

Papua diketahui memiliki keindahan alam yang luar umum menawan. Ada banyak tamasya alam dengan panorama yang demikian itu memesona di Papua. Salah satunya Danau Sentani.

Danau Sentani yakni yang terluas di Papua. Lokasinya berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops dengan luas sekitar 245.000 hektare.

Keindahan alam di Danau Sentani gak perlu diragukan lagi. Kecantikan alam sekitarnya gak keok kalau dibandingi Raja Ampat yang tersohor itu.

1. Rute Perjalanan

Danau Sentani terbentang di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau yang memiliki luas sekitar 9.360 hektare ini berada pada ketinggian sekitar 75 meter di atas permukaan laut.

Akses menuju Danau Sentani tidak demikian itu susah. Dari Jakarta, kamu bisa memilih rute pesawat menuju Udara Sentani di Kabupaten Jayapura. Durasinya sekitar delapan jam, tergantung lokasi transitmu.

Setibanya di Udara Sentani, direkomendasikan slot min depo 5k menyewa kendaraan beroda empat agar lebih leluasa dan fleksibel. Penyewaan kendaraan beroda empat biasanya tersedia di bandara.

Opsinya, kamu bisa memilih angkutan umum di pintu masuk bandara atau naik taksi. Jarak Udara Sentani dengan Danau Sentani sangat dekat, hanya sekitar 10 menit perjalanan darat

2. Harga Karcis Namun

Harga tiket Danau Sentani sekitar Rp10 ribu saja. Meskipun, tarif bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung hari berkunjung. Setibanya, untuk sewa kendaraan beroda empat, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp650 ribuan.

Setibanya di Danau Sentani, kamu bisa menjelajah dengan memakai kapal motor dengan tarif sekitar Rp10-50 ribu. Untuk urusan akomodasi atau penginapan, gak perlu diambil pusing. Ada banyak penginapan dengan bujet yang bisa kamu sesuaikan kantong.

Sebagian bisa memilih hotel, hostel, homestay, atau resor di kawasan area tamasya Danau Sentani. Harga penginapan bervariatif, mulai dari Rp250 ribuan hingga Rp1 jutaan.

Tips penginapan yang bisa kamu pilih antara lain Hotel Grand Abe Jayapura, Sabang Land Hotel, Le Premiere Hotel, Homestay Galpera Papua, atau Horex Hotel.

3. Kamu Mengunjungi Danau Sentani

Waktu yang pas untuk mengunjungi Danau Sentani yakni bulan Juni. Pasalnya, Festival Danau Sentani digelar tiap Juni. Festival Danau Sentani biasanya diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan beragam sajian masakan khas Papua.

Ada sekitar 24 kampung yang tersebar di Danau Sentani. Masing-masing punya keunikan kultur. Sebagian bisa mengunjungi kampung-kampung ini memakai perahu motor yang ada di dermaga Pantai Khalkote.

Kamu mau lebih mengetahui warga lokal, menginaplah di rumah warga. Sebagian akan mengamati keseharian mereka dan mengenalnya lebih dekat.

Gimana, seru banget, kan? Jadi kapan mau ke Danau Sentani, Papua, nih?