Walaupun Terpencil Desa Ini Menjadi Tempat Destinasi Liburan Tertinggi di Jawa Tengah

Seandainya berkunjung ke Dieng rasanya tak akan komplit jikalau tak mengunjungi beragam destinasi wisata alamnya.
Salah satu wisata yang berada di Dieng ini disebut-ucap menjadi wisata tertinggi di Jawa Tengah. Ya, Destinasi apakah yang menjadi Destinasi wisata tertinggi di Jawa Tengah?
Destinasi hal yang demikian yaitu Desa Sembungan Dieng. Desa Sembungan Dieng ini disebut-ucap menjadi desa tertinggi di Pulau Jawa, itu dikarenakan letaknya berada di ketinggian yang mencapai 2300 meter di atas permukaan laut.
Desa Sembungan ini juga tenar sebagai daerah wisata yang populer di Jawa Tengah. Desa Liburan Sembungan telah dikenal dan diabadikan poto-potonya oleh warga berkebangsaan Belanda sejak tahun 1911 dan diperkenalkan di negara-negara Eropa.
Desa Sembungan sendiri mempunyai ciri khas tersendiri dibandingi dengan desa lainnya mulai dari bangunan rumahnya, aksen berbicara hingga sistem hidupnya.
Desa Sembungan juga yaitu desa tertinggi di Pulau Jawa dan sebagai desa tujuan wisata yang tentunya telah sejak lama Sembungan dikenal oleh pelancong asing maupun domestik.
Dari cerita yang berkembang secara turun-temurun https://numerounosantaclarita.com/ penamaan Desa Sembungan berawal dari kedatangan Ulama yang menyiarkan agama Islam di wilayah Dieng, kemudian tibalah di sebuah desa yang semacam itu dingin dan mempunyai telaga yang cukup luas, yang dimana desa hal yang demikian dikelilingi tumbuhan sembung, sebuah pohon dengan variasi kayu yang tak keras dan berbunga putih mirip seperti Edelweis tapi lebih besar.
Sebab desa hal yang demikian sebagian besar dipegang tanaman sembung maka sejak dikala itu warga sekitar langsung memberi nama Sembungan.
Desa Sembungan menawarkan eksotisme alam dan tradisi, pengunjung pun bisa merasakan sunrise tercantik dan terindah di Asia, telaga cebong yang airnya selalu berkilau, tinggi nya air terjun Sikamim, hingga bisa merasakan produk olahan makanan dan minuman khas seperti carica, purwaceng, terong kemar dan lombok dieng.
Tidak hingga disitu, Desa sembungan juga tersedia wisata edukasi pengolahan sampah di gedung bank sampah sejuk ayem.
Obyek-obyek wisata inilah yang membuat Desa Sembungan semakin hari semakin ramai dikunjungi oleh para pelancong.
Tentu saja hal ini menambahkan pendapatan desa ini sehingga penduduk Desa Sembungan rata-rata berkecukupan.
Desa Sembungan ini berlokasi di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
Dari kota Wonosobo ke Dieng memakan waktu sekitar 50 menit dengan kendaraan.
Lanjutan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng dengan mengambil trek ke arah Desa Sembungan yang berjarak 4 km dengan waktu tempuh sekitar 15-30 menit, itupun tergantung kondisi jalan dikala itu.
Jalan menuju Desa Sembungan pun anda akan dihadapkan dengan jalan yang menanjak dan berkelok-kelok.
Anda bisa dikatakan hingga ke Desa Sembungan jikalau telah menemukan gerabang masuk desa yang berbentuk candi mini dengan tulisan \\\”Welcome to Sembungan Village\\\”
Selain tenar akan wisatanya, Desa Sembungan juga tenar dalam sektor pertaniannya.
Itulah mengapa di Desa Sembungan banyak lahan-lahan pertanian dan biasanya penduduk desa pun berprofesi sebagai petani.
Komoditi pertanian utama Desa Sembungan yaitu kentang dan carica. Kwalitas kentang dan carica Desa Sembungan yaitu yang terbaik di Pulau Jawa.Malahan Kentang dan carica yang berasal dari Desa Sembungan pun di distribusikan ke seluruh Indonesia pun diimpor ke luar negeri.