wisata tersembunyi di banyuwangi

Wisata Tersembunyi Di Banyuwangi

Banyuwangi, sebuah kabupaten di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia, memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan tersembunyi. Berikut adalah beberapa destinasi wisata tersembunyi di Banyuwangi:

  1. Kawah Ijen: Meskipun cukup terkenal, Kawah Ijen sering kali dianggap sebagai destinasi yang tersembunyi karena masih terjauh dari jalur wisata utama. Kawah ini terkenal dengan fenomena blue fire-nya yang langka, serta danau kawah yang berwarna biru tosca yang indah. Pendakian menuju kawah ini menawarkan pengalaman petualangan yang menarik.
  2. Pantai Wedi Ireng: Terletak di Kecamatan Banyuwangi, Pantai Wedi Ireng adalah pantai yang masih terjaga keasliannya dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini memiliki pasir hitam yang kontras dengan warna laut biru, serta ombak yang cocok untuk berselancar. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai yang tenang dan indah di sini.
  3. Taman Nasional Baluran: Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Banyuwangi. Taman nasional ini sering disebut sebagai “Afrika van Java” karena lanskapnya yang standwithtanisha mirip savana Afrika. Pengunjung dapat menikmati keindahan savana, hutan bakau, dan padang rumput yang luas, serta melihat berbagai jenis satwa liar seperti rusa, banteng, dan burung-burung endemik.
  4. Pantai Red Island: Pantai Red Island atau Pantai Pulau Merah adalah pantai yang terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang berwarna merah kecokelatan, ombak yang besar cocok untuk berselancar, dan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Meskipun mulai menjadi populer, Pantai Red Island masih terjaga keasliannya.
  5. Pantai Watu Dodol: Pantai Watu Dodol adalah pantai yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan batu-batu besar yang tersebar di sepanjang pantai. Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai menikmati keindahan pantai.
  6. Pulau Menjangan: Terletak di sebelah utara Banyuwangi, Pulau Menjangan adalah pulau kecil yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Pulau ini menjadi tempat yang ideal untuk melakukan snorkeling atau diving, karena terumbu karangnya yang masih terjaga dan beragam jenis ikan yang hidup di sana.
  7. Air Terjun Jagir: Air Terjun Jagir adalah air terjun yang terletak di kawasan hutan Taman Nasional Baluran. Meskipun belum begitu populer, air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan air yang jatuh dari ketinggian di antara tebing-tebing yang hijau.

Itulah beberapa destinasi wisata tersembunyi di Banyuwangi. Meskipun mungkin tidak sepopuler destinasi wisata lainnya di Jawa Timur, tempat-tempat ini menawarkan pengalaman yang unik dan memikat bagi para pengunjung yang mencari petualangan di alam dan keindahan alam yang masih alami.